Sunday, 29 June 2014

Pengganti

Hujan tak pernah marah saat pelangi hadir
menyingkirkannya untuk menghiasi langit

Bulan tak pernah marah saat awan datang
meniadakan sinarnya tapi menyisakan bintang
untuk memeriahkan langit malam

Tuesday, 13 May 2014

Untuk Dia

Untuk dia,
yang dalam do'a sederhanaku
ku selipkan namanya,
berharap kebahagiaan menjadi miliknya.

Untuk dia,
yang belum pernah ku sapa wajahnya,

Sunday, 6 April 2014

Aku takut Sunyi

Bulan,
jika tiba masamu menerangi langit malam dengan cahayamu,
maka berjanjilah untuk tetap di tahta mu,
berpendar meramaikan malam.

Matahari,
jika tiba waktumu memancarkan sinar hangatmu,

Linguistik Bandingan Historis






Pengertian, Tujuan, dan Sejarah Linguistik Bandingan Historis serta,
Klasifikasi Genetis dan Ciri-cirinya

LINGUISTIK BANDINGAN HISTORIS

I.     PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Linguistik bandingan historis mempelajari data-data dari suatu bahasa atau lebih, sekurang-kurangnya dalam dua periode. Data-data dari dua periode itu diperbandingkan secara cermat untuk memperoleh kaidah-kaidah perubahan yang terjadi pada bahasa itu.
Linguistik bandingan historis merupakan sebuah cabang ilmu bahasa yang lebih menekankan teknik dalam pra-sejarah bahasa. Penelitian pra-sejarah bahasa tentu tidak akan terjadi dengan sendirinya tanpa mempergunakan data-data kuno yang terdapat dalam naskah-naskah terdahulu.

BENTUK-BENTUK TES BAHASA (TES BUNYI BAHASA, TES KOSAKATA, TES TATA BAHASA, TES MENYIMAK)



BENTUK-BENTUK TES BAHASA
(Tes Bunyi Bahasa, Tes Kosakata, Tes Tata Bahasa dan Tes Menyimak)


I.         PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang
Tes kompetensi kebahasaan adalah tes yang dimaksudkan untuk mengungkapkan pengetahuan kebahasaan peserta didik. Kompetensi kebahasaan seperti dikemukakan di atas, adalah pengetahuan tentang sistem bahasa, struktur, kosakata, dan seluruh aspek kebahasaan yang ada.
Dalam pembelajaran bahasa, khususnya bahasa kedua dan bahasa asing, kompetensi kebahasaan perlu diajarkan dan diteskan secara khusus karena kompetensi itu dapat dipandang sebagai prasyarat untuk menguasai kompetensi komunikatif, jadi bersifat prakomunikatif, atau tindak berbahasa baik yang bersifat reseptif maupun produktif.

Monday, 24 March 2014

Hujan

Ini tentang hujan,
semua yang benar-benar berhubungan dengan hujan,
rinainya yang memercikkan kisah,
aroma basahnya yang menguarkan rindu,
denting tariannya yang mendendangkan asa.

Hujan,
tapi ini bukan lagi kisah yang sama,

Monday, 24 February 2014

Sajak Kata Siapa (Bahan renungan)

Kata siapa jomblo itu menyedihkan?
hanya gara-gara mereka tidak bisa mengajak gebetan atau pacar kemana-mana,
gara-gara tiap malam minggu harus menghabiskan waktu sendirian di rumah.
Jomblo itu lebih terhormat kok, mereka memilih sendiri, karena mengerti benar bahwa percuma menghabiskan waktu utk menambah dosa,
lebih memilih mencintai dalam diam,
terus bersama mengurai do'a semoga Allah berkenan mengijabah do'anya,
jikapun tidak, tetap bersabar dan yakin kalau Allah telah menyiapkan yang terbaik.
jika jomblonya memang karena takut patah hati lagi sehingga untuk menjalin hubungan yang lebih serius,
itu lebih disebut trauma, sehingga memilih untuk jomblo selamanya, terlanjur membunuh hatinya sendiri untuk menjemput mimpi.